Banner

Pages

Thursday 4 July 2013

[ Tutorial ]Painting ... MADONNA with Sketches

Kali ini ari coba lukis Madonna dan ari post juga proses mulai dari sketsa sampai jadi. kali ini ari mo coba lukis Cover Vanity Fair tahun 1991yang bernuansa ala Marilyn Monroe .

Let's get start ...
Media : Buku Gambar Kiky A4, Pensil Faber Castel 2B, 5B dan 8B, pengahapus, rautan dan Kapas.
Approx Time : 2 Jam 10 menit di selangi pesbukan dan browsing2 dan dengerin The Immaculate Collection 

Sketching 

Bagian ini mudah karena hanya membuat rangka dasar pada lukisan yg berupa coret coretan  yang penting bentuk dasar nya sama dengan objek gambar. pake pensil dengan ketebalan tipis karena pasti nya bagian ini akan di hapus ...


Setelah itu baru mulai membentuk bagian mata hidung dan bibir dari garis garis pembantu pada sketsa. perhatikan keseimbangan wajah agar terlihat tidak aneh. Apabila bagus rangka nya akan terlihat semakin jelas terutama bagian mata. 


Outlining 

Bagian ini sangat menentukan bentuk akhir dan menurut ari ini part tersulit sekaligus menyenangkan karena disini ari bisa bebas berkreasi dengan imaginasi. Outlining sangat tricky karena di perlukan ketelitian dan ketajaman kombinasi lirikan mata ke gambar dan gerakan tangan. Menurut ari bagian yang harus pertama kali di perhatikan adalah mata, karena mata adalah center dari sebuah lukisan wajah, if you get the right eyes and the rest will be quite easier. Disini ari mulai pake pensil 5B dan sketsa dasar pun dah mulai di hapus. The excitement part is now i can create my own hairdo . disini perubahan dari aslinya ngga terlalu banyak hanya tatanan rambut yang sedikit di rapihin dan tulang muka yang mengikuti raut Madonna saat ini. Apabila Outline nya bagus pasti dah terlihat jelas garis wajah nya. 



Shadowing / Mengarsir

Setelah jadi baru kita mulai mewarnai nya arsiran. disini ari mulai gunain pesil 8B. di arsiran ini adalah kombinasi dari arsiran pensil 2B, 5B dan 8B agar terlihat gradasi yang bagus. usahakan mengarsirnya satu arah atau mengikuti arah gambar supaya pas finishing nanti bisa terlihat halus. Hati hati pada ketebalan dan gunakan pensil dengan tehnik miring atau memakai pensil dengan ujung tumpul.  Hasil akan terlihat kasar dan pasti nya tangan akan belepotan pensil, hati hati bisa saja ada cetakan jari di lukisannya.

Finishing 

Tahap Finishing juga sangat risky dan tricky karena disini kita akan "menghaluskan" gambar. disini ari pake kapas untuk muka, untuk pemula mungkin bisa menggunakan cotton bud untuk daerah wajah seperti di mata. Usahakan pelan pelan agar tidak belang belang dan gosok sesuai arah arsiran ...Untuk bekas arsiran di daerah pensil 8B bisa di pakai untuk daerah di luar area lukisan yang akan memberikan nuansa gelap yang membuat lukisan menyatu dengan kertas ..
terlihat lebih halus


Hasil yang bagus adalah apabila kita bisa mengenali part wajah dengan objek yang kita lukis seperti ini 
Dari potongan ini ari bisa ngenalin kalo ini Madonna ...










Gambarnya memang ngga sama but it have madonna's essence on it ...  Painting is Fun ....

Salam

Ari

"Figure Drawing For All it's Worth" - Alex Ross


No comments:

Post a Comment