Banner

Pages

Wednesday 4 June 2014

Ayo Nonton Film Klasik ...


Film Klasik, kalo denger kata ini yang mungkin terbayang adalah Film jadul yang item putih atau ngga film jadul yang warnanya agak agak retro trus dengan dandanan yang old fashion, ngga ada special effect, film yang isinya dialog mulu, film yang adegannya lebay dll, Mungkin itu hal hal negative yang mungkin tersirat tentang film Classic.

Apa sih definisi Film classic? apakah berpatok pada tahun? wardrobe atau technical things yang mendukung sebuah film? Salah satu pendapat singkat kawan yang appropriate menurut ari adalah TIMELES, Artinya film itu akan selalu menjadi Favourite all time dan cross generation. Hanya dengan berjalannya waktu film dapat di nilai terbelenggu di dalam eranya atau timeless ... yang timeless kemudian menjadi Classic ...

Kalau kita lihat banyak film yang di kategorikan Klasik itu banyakan jadul ya sesuai logika yang ari bilang diatas pastinya film film itu adalah film yang sudah lama di produksi tetapi masih menarik untuk di tonton, Mungkin karena masalah technical dan wardrobe yang membedakan secara significant pada film film yang menyandang predikat klasik dengan film film era sekarang yang membuat orang jarang mau menonton film film klasik.

Seinget ari film klasik dulu yang ari sering nonton adalah film film nya Shirley Temple di RCTI . dulu sering banget film dia di tayangin setiap minggu pagi atau siang, film klasik yang cocok buat anak anak, Sebuah metode yang brilliant sebenarnya karena menurut ari bisa memperkenalkan definisi timeless sedari kecil yang mungkin secara tidak langsung bisa menanamkan rasa menghargai pada sebuah karya lama. Apa yang membuat ari dulu suka nonton kalo ada film itu? karena ari dulu suka aktingnya Shirley Temple yang effortless, Seneng aja dulu liatnya, tapi itu dulu karena ari masih kecil banget ari ngga terlalu ngeh banget cuma yang dulu pernah ari pikir, pilem hitam putih bagus bagus. Ari pernah denger di sekolah ada kawan yang komplain karena acara di RCTI  kalo pagi suka tayanginnya film item putih hal ini wajar karena pada usia kecil kita akan prefer ke tayangan ringan seperti kartun atau power rangers.


Selain itu dulu ari sering juga ikut mpok nonton tv seriesnya Alfred Hitchcock, Ari mulai ngeh yang namanya twist ending di tv series ini. dan Alfred Hitchcock menjadi salah satu Director Fav ari. Salah satu yang nempel di kepala sampai sekarang adalah theme song serial Alfred Hitchcock dan gambar silhouette nya yang khas muncul di awal dan akhir serial. Ari dulu sih denger nya spooky kan itu juga nontonnya agak agak ngantuk karena kalo ga salah acara nya jam 8 tau jam 9 malem.

Salah satu film klasik yang berkesan yang ari tonton waktu kecil adalah CLUE . inget ini di puter jam 11 malem waktu itu malam minggu nama acara nya sinema classic kalo ngga salah sesudah layar emas, kebetulan besok libur jadi bisa tidur malam dan ari suka banget sama film ini, karena ada ending alternativenya, yang ari ingetin dulu judulnya CLUE . sampe sekarang masih inget. salah satu film berkesan waktu kecil. Dulu jaman vcd ari sempet cari cari film nya tp ga nemu, akhirnya bisa download beberapa tahun lalu di forum.

Baru mulai bulan bulan kemarin ari coba download dan nonton film film klasik karena waktu itu sempet bingung mau nonton apaan, Ari mulai download film film nya Shirley Temple dan Alfred Hitchcock,  juga tanya ke kawan rekomendasi film film klasik yang layak tonton, Setelah dapet rekomen , langsung buat list dan download sampe bingung di tontonnya kapan. hahahahha. Ada kawan yang komen saat dia tau ari lagi nontonin film2 lama " Ngapain rie nontonin film jadul, tambah aneh aja loe ". hahahaha mo ketawa sama komen itu. As I replied " it's a Good Movie, you should watch it" ( kebetulan ari lagi nonton Psycho nya Hitchcock's. and he said " It's black and white and it seems boring" hahahha ... kemudain ari ngga jawab  hahaha

Banyak hal hal baru yang ari dapet setelah beberapa lihat film film ini.
1. Dari segi Acting nya bener bener POL . mereka bener bener talented dan mengendalkan kemampuan mereka tanpa di bantu dengan efek atau element lain yang ada di film jaman sekarang untuk mendramatisir sebuah adegan. Tanpa efek dan acting yang lebay mereka terlihat alami memainkan peran mereka.
2. Dari segi cerita dan bagaimana membangun sebuah cerita yang sederhana menjadi menarik dan membuat penasaran. bisanya ini film film Alfred Hitchcock dengan twist ending.
3. Kita akan di ajak berimajinasi ... Biasanya disinilah kekuatan seorang Sutradara dalam mendirect film tersebut, Keterbatasan teknologi tidak membuat imajinasi kita mentok, biasanya para sutradara akan mengajak kita berimajinasi lewat angle kamera, atau efek efek sederhana yang mungkin jaman sekarang terlihat kuno banget tapi sewaktu kita ngeliat kita akan terbawa dan mengerti maksud dari scene atau adegan tersebut, contoh nya adegan puyeng di film " Vertigo" yang terkesan jadul tapi ari bisa mengerti yang ingin disampaikan sutradara di adegan tersebut.
4. Wardrobe and Classic Beauty ... Walau hal ini yang bikin orang males tapi menurut ari ini suatu kelebhan film klasik, mungkin ngga ngerti tentang fashion tapi ari suka liat wardrobe nya kadang jadi sisi fun aja karena suka lucu liat dandanan mereka dulu, Kalo classic beauty nya ari suka, karena cantiknya mereka itu juga timeless bener bener cakep dengan potongan rambut yang bagus . Siapa tau nanti jadi ngefans sama Grace Kelly, Marilyn Monroe, Sean Connery atau James Stewart. Dari property juga merupakan salah satu nilai plus, seperti mobil mobil jadul yang mereka pakai, telpon atau bahkan meja kursi yang  itu semua terlihat mewah di banding barang barang sekarang.
5. Dialog juga menjadi salah satu yang ari suka . Biasanya film film klasik diaolognya rich , maksudnya bukan dialog dialog ngga penting dan bener bener ngga cheesy yang secara ngga langsung dengan dialog dialog mereka kita bisa berpikir atau berimajinasi tentang apa yang mereka katakan ... Contohnya film 12 Angry Men yang Mind Altering dan beberapa dialog offensive seseorang bisa menyerang dirinya sendiri.
6. Nilai atau Value dari film yang kita tonton pun bisa menjadi nilai plus nonton film klasik, seperti film film Shirley Temple yang komplit seneng ,sedih, nyanyi dan cerita nya bagus buat anak anak terutama untuk tontonan keluarga, Atau 12 Angry Men yang mengajarkan kita untuk tidak selalu ikut oleh sesuatu yang mainstream, atau film film nya Hitchcock yang mengajarkan kita " everything could possible happen "

Itulah beberapa nilai plus yang ari lihat dari film klasik, Dibawah ini beberpaa film Classic yang sudah di Download dan tonton.
- 12 Angry Men
- Glad Rags to Riches
- Heidi
- Little Miss Broadway
- The Little Princess
- To kill a Mocking Bird
- Casablanca
- Gone with the Wind
- The Sound of Music
- Double Indemnity
- M
- The Big Sleep
- Clue
- Seven Year Itch
- Gentlemen Prefers Blondes
- The Bus Stop
- Niagara
- Some Like it Hot
- Rebecca
- Notorious
- Strangers on a Train
- Dial M for Murder 
- Rear Window 
- To Catch a Thief 
- The Trouble with Harry 
- The Man Who Knew Too Much 
- The Wrong Man 
- Vertigo 
- North by Northwest 
- Psycho 
- The Birds 
- Marnie
- Family Plot
- Dan masih banyak lagi yang sudah di download dan blum di tonton dan masih dalam list download

Nonton Film Klasik itu asik kok , You'll enjoying in a different level. cocok untuk alternative tontonan kalo lagi ada watu luang atau bingung mau nonton apa, Nonton Film Klasik bisa menjadikan kita pecinta seni yang akan lebih menghargai suatu karya seni tanpa terbatas waktu, dan pribadi yang menghargai sejarah.

Terima Kasih sudah Mampir  Semoga bisa jadi rekomendasi

Salam 
Ari

" Classic is Timeless " - Phillip



3 comments:

  1. Wah saya belum pernah nonton film hitam putih, soalnya pas lahir uda ada film berwarna wkwkwk. Kalo film jadul sebenarnya ada 1 yg pernah saya tonton yaitu "The Godfather". Suka banget, soalnya ceritanya ttg mafia jadul sama gaya bicaranya yg unik dan berkelas

    ReplyDelete
  2. ok..
    nice share gan..

    di tunggu kunjungan baliknya
    http://re-viewphone.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Singing In The Rain (1952), recommended! :)

    ReplyDelete