Banner

Pages

Friday 5 April 2013

PMP ( Portable Media Player )

PORTABLE MEDIA PLAYER



Mungkin ngga banyak yang tau atau make istilah PMP, pada umum nya orang menyebutnya MP3 atau MP4 player. berikut ini definisi PMP dari Wikipedia 
" Pemutar media portabel (Portable Media Player, PMP), atau pemutar audio digital (digital audio player, DAP), adalah peranti elektronik konsumen yang dapat menyimpan dan memutar media digital. Data umumnya disimpan dalam cakram keras, mikrokandar (microdrive), atau memori kilat (flash memory). Sebaliknya, pemutar audio portabel analog dapat memutar musik dari pita kaset, atau rekaman. Pemutar audio digital sering dijual sebagai pemutar MP3, bahkan walaupun mendukung format berkas lainnya. Jenis peranti elektronik lain, seperti telepon genggam, tablet PC, dan kamera digital, kadang dimasukkan dalam kategori ini jika memiliki kemampuan untuk memutar media "

Jaman sekarang ini Gadget PMP dengan fungsi "dasar" sudah  banyak ditinggalkan seiring dengan berkembang nya teknologi Mobile Phone atau Handphone yang sudah makin canggih. Tapi masih ada beberapa vendor yang masih memproduksi Gadget PMP mereka, seperti Apple Inc dengan IPod Series, Sony dengan Walkman Series, Sandisk Sansa dll. IPod dan Walkman sudah jarang terlihat dengan alasan " buat apa beli IPod atau Walkman, mending beli IPhone atau Sony Ericsson Walkman sekalian, sama saja kan ?, ngga ribet bawa banyak gadget dan ngga ngeluarin uang lagi ". Sebuah Alasan yang sangat Logis apa lagi Handphone sekarang sudah berlabel " Smartphone" (saya lebih suka Smart User daripada Smartphone hehehe ). 


Untuk mereka yang masih memilih memakai PMP mempunyai alasan yang menurut saya seperti ini :
  • Privasi : Kadang ada saat nya kita ingin tenang mendengarkan musik untuk melepas penat, stress atau emotional feelings  tanpa interupsi panggilan masuk atau sms yang kadang merusak kesenangan dalam mendengarkan musik. Hal sepele memang tapi terkadang ari sendiri merasa terganggu saat mendengarkan musik ada hal yang menginterupsi , bahkan di ajak ngobrol pun kadang jadi ngga enak dan pasti ngga nyambung, atau ada orang manggil manggil atau nepuk bahu ... Sebenarnya masalah ini bisa diatasi Smartphone dengan " Airplane Mode " .
  •  Kekuatan Baterai : Smartphone sekarang sangat canggih. Saking canggih nya, OS, Aplikasi, Jaringan dan Fitur nya membutuhkan daya yang tidak sedikit. Contoh nya coba saja mendengarkan music dgn Blackberry, dijamin bateri anda akan cepat habis ( tidak masalah kalo punya power bank hehehe ). Masalah baterai juga merupakan alasan tersendiri karena PMP lebih terfokus pada penggunaan player. terutama untuk PMP tanpa Display atau Minimal display seperti Ipod Shuffle atau Sandisk Sansa yang kekuatan baterai nya bisa mencapai berhari hari. Hal ini lagi lagi bisa di atasi dengan Smartphone dengan " Airplane Mode ". Tapi apakah Smartphone anda akan terus pada Airplane Mode ? 
  •  Kapasitas Memory : Memory juga merupakan element penting pada PMP. Fitur Canggih Smartphone juga memakan banyak space pada memory card. contoh semakin besar resolusi pada sebuah kamera Smartphone semakin besar pula file yang dihasilkan, semakin banyak aplikasi yang di instal pun mengkonsumsi banyak memory. Untuk anda yang senang membawa koleksi lagu2 pasti menginginkan kapasitas memory yang lebih banyak tanpa di sharing untuk yang lain. Satu fakta : Apple membuat IPod Classic dengan Kapasitas besar sampai 160gb, knp tidak dengan IPhone? toh produk mereka tidak mendukung memory external, dan sampai saat ini masih mengembangkan IPod dengan berbagai variannya. Marketing strategy plays. 
  • Portability : PMP seperti Ipod Shuffle atau Walkman W Series merupakan salah satu pilihan untuk pencinta musik yang ingin mendengarkan musik sambil berolahraga atau beraktifitas lainnya. Simplicity  dari bentuk nya membuat nyaman tanpa merasa terganggu oleh besar nya Smartphone jaman sekarang dengan layar lebar yang berimbas pada ukuran Smartphone.
Untuk Pencinta music pasti lebih memilih PMP dibanding Smartphone, Untuk masalah efficiency  teknology mungkin hal ini telihat aneh, tapi apa bedanya dengan sekarang banyak yang mempunyai Handphone lebih dari satu, yang notabene hanya beda di OS atau Layanan Servicenya tapi fungsi aslinya jarang di pakai. Nasib PMP mungkin sama seperti nasib Kamera Digital atau Portable Game yang sudah bisa di adopsi oleh Smartphone. Ari sendiri sekarang pake Sony Ericsson W20 (Zylo) untuk pure music player tapi dengan constant Airplane Mode tanpa di pakai untuk menelpon atau SMS. Karena satu - dua hal ari ngga memilih Ipod untuk PMP.

Butuhkah anda sebuah PMP ? Tingkat ke"gila"an anda pada music menentukannya ....
Semoga bermanfaat ...

" There are lots of examples where not the best product wins. Windows would be one of those, but there are examples where the best product wins. And the iPod is a great example of that ".   - Steve Jobs




 

2 comments:

  1. Gw lebih suka mp3 player "IXUS" yg 100% china nya.. selain murah, bentuknya kaya ipod.. hahaa!

    ReplyDelete
  2. iya ... untuk beberapa mp3 merk china juga ada yang suaranya mumpuni . tergantung headphone nya juga sih. kalo headphone nya bagus membantu kualitas suara pada PMP

    ReplyDelete