Banner

Pages

Thursday 4 April 2013

Purchased AAC ITunes [iTunes Plus AAC M4A]



Purchased AAC Audio File [iTunes Plus AAC M4A]
     
Di era digital ini banyak jenis Format Musik yang tersedia, seperti MP3, WMA, OGG, AAC/M4A, FLAC, WAV, ATRAC3 dan masih banyak lagi …. Yang ari sebutkan adalah yang pernah ari coba. Dari semua file tersebut kemungkinan jenis file MP3 lah yang paling popular dan sering digunakan kebanyakan orang. Selain MP3 masih banyak format audio lain yang bisa menjadi alternative contoh nya  PURCHASED AAC Audio File / AAC ITunes/ITunes Plus /M4A ITunes

Purchased AAC / AAC ITunes ini sebenarnya sama dengan file AAC kebanyakan, hanya saja terdapat label PURCHASED pada detail jenis formatnya yg merupakan audio file yg di beli melalui ITunes Store dan belum di modifikasi .

 Sedikit penjelasan mengenai Format AAC berdasarkan Wikipedia : Advanced Audio Coding (AAC) merupakan standar format berkas audio terkompresi. AAC umumnya memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan format populer MP3 dalam bitrate yang sama khususnya pada bitrate di bawah 100 kbit/s. AAC merupakan format yang umum digunakan ketika melakukan kompresi CD audio pada Apple iPod dan iTunes (eksensi .m4a). Format ini merupakan bagian standar Motion Picture Experts Group (MPEG). Sample rate yang ditawarkan sampai 96 KHz atau dua kali MP3 yang hanya 44 KHz..”
               
 Sedangkan Penjelasan Purchased AAC ITunes berdasar kan ITunes :“ ITunes Audio adalah audio format yang direlease dari Itunes Store melalui Online Store yang dibuat oleh Apple Inc. Versi ITunes dari sebuah lagu atau Album di encode menggunakan format AAC berkualitas bitrate 256 kbps yang menghasilkan kualitas yang lebih bagus disbandingkan jenis format lain pada bitrate yang sama “

 Bagaimana cara mengetahui kalau jenis format lagu atau album yang kita punya adalah format ITunes? Untuk mengecek nya ari menggunakan ITunes sebagai music player. Berikut ini screenshot nya. 

 Dari Screenshot diatas terlihat perbedaan pada informasi pada audio file tersebut. AAC ITunes akan tertulis  Purchased AAC audio file dan apabila kita pilih get info pada ITunes akan terlihat lebih mendetail lagi. 


Kelebihan AAC ITunes 

  • 1.       Dari Penjelasannya pun jelas dari segi kualitas suara AAC ITunes lebih bagus, menurut Ari 256kbps AAC Itunes setara dengan 320kbps MP3 atau mungkin lebih, terdengar jernih ,bening tanpa ada distorsi suara yang kadang ada di beberapa MP3 hasil Rip dari CD audio.  Coba dan buktikan.

  • 2.       File Audio sudah lengkap dengan Informasi file tersebut seperti nama Artis, Album bahkan Album Art yang memudahkan kita untuk mengorganisir koleksi.

  • 3.       ITunes Version , kadang ada beberapa lagu atau album yang direlease khusus untuk ITunes atau berbeda versi dari versi Originalnya atau Re-Recording ITunes Session. Untuk Lagu ITunes Version sedikit berbeda dengan versi originalnya kebanyakan dari musiknya yang sedikit berbeda atau time track nya yg sedikit lebih panjang atau pendek. Untuk Album ITunes Version berisi track track yang tidak direlease di album regular nya, biasanya berupa versi live, remixes atau instrumental atau ring back tone. Sedangkan ITunes Session adalah lagu lagu yang di rekam ulang khusus untuk ITunes, biasanya berupa acoustic atau Live album.


Kekurangan AAC ITunes ini

  • 1.       Ukuran file yang besar, bitrate konstan 256kbps AAC ITunes minimal 6,5mb untuk satu lagu berdurasi 3.15 menit. Ukuran yang lumayan menguras kapasitas memory. Satu Album AAC ITunes sekitar 120-150 mb/Album. Tapi untuk ukuran kualitas ukuran ini wajar

  • 2.       Playback Player. Saat ini mungkin hal ini tidak terlalu menjadi masalah karena kebanyakan gadget atau player yang beredar saat ini sudah bisa untuk memutar file AAC. Tapi untuk player lama atau gadget lama mungkin teman teman bisa mengkonvert nya ke MP3 yang akan mengorbankan embel2 “Purchased” pada informasi file.

  • 3.       Bitrate yang Konstan. Saat ini bitrate AAC ITunes hanya mencapai 256kbps. Untuk music addict yang menginginkan bitrate lebih mungkin bisa memilih FLAC yg merupakan file audio Loseless. Kadang untuk sebuahmusic player kita lebih sering menyebut nya “MP3 Player” padahal bukan hanya MP3 file saja yang bisa di putar.

  • 4.       Ketersediaan Katalog lokal. masih jarang sekali musik dari penyanyi Lokal yang dapat di download dari ITunes, tapi saya sempat kaget ternyata music langgam dan keroncong jawa dari Mus Mulyadi tersedia di ITunes,

Tidak ada salah nya mencoba AAC ITunes ini, berdasarkan pengalaman, saya sudah menggunakan Format AAC semenjak menggunakan ITunes player di computer sekitar tahun 2007 menggantikan MP3 dan kebetulan Sony Ericsson Walkman saya sudah mensupport AAC. Saya baru “nyobain” AAC ITunes ini tahun kemarin karena awal nya saya mengira embel2  ITunes Version itu hanya marketing label.
Untuk mendownloadnya teman teman bisa mendapatkan nya disini atau disini


Selamat Mencoba AAC rasa ITunes  Semoga bermanfaat
Salam
Ari
“ I’m Not A Fashion Victim, I’m a Sound Addict “ -   Bob Sinclar 








2 comments:

  1. Haloo, mau nanya dong.. Kemaren kan saya download Soundtrack format m4a.. Nah stelah saya cek "Get Info" dari iTunes player "Purchased by & Aplle ID" -nya nggak ada gan... itu kenapa ya? & Suaranya juga lebih kecil dibandingin dengan mp3 yg bitratenya 193Kbps... Apakah m4a yg saya download itu hasil convert dari mp3 ke m4a atau gimana? Mohon dijawab ya Gan Thx alot :)

    ReplyDelete
  2. pagi gan.. untuk ngecek apakah m4a yang agan download itu dari itunes apa bukan coba play pake itus dan di kolom "kind" itu harus tertulis purchased aac tunes ... untuk lebih jelasnya bisa di baca di sini http://riesaoranlee.blogspot.com/2013/11/perbedaan-itunes-asli-dan-itunes-ripped.html
    http://riesaoranlee.blogspot.com/2013/04/purchased-aac-itunes_3.html

    kalo dari segi kualitas sudah di jamn bagus gan karena itunes plus itu versi original nya digital.. kalo boleh tau soundtrack apa ya ? mungkin saya bisa bantu cari itunes plus nya
    biasanya kalo ngga ada keterangannya itu hasil convert dari mp3 atau rip dari CD

    ReplyDelete